Monday, February 10, 2014

Before You Start A Diet..


Apa yang pertama kali muncul di pikiran waktu denger kata DIET?

mulai makan makanan yang ga enak?
usaha buat nurunin berat badan?
laper terus2an gara2 ngurangin porsi makan?
ato hal yang ga bakalan elo lakuin seumur hidup? hahaha.

banyak orang (terutama cewek2) punya pemahaman yang salah tentang diet. waktu nimbang dan keliatan berat badan mulai naik, kata2 diet terus2an menghantui kayak orang yang gagal move on dan selalu dihantui bayang2 mantan. #tsaaaahhh tetapi ketika berat badan idaman sudah dicapai,
mulai ga "diet" lagi dengan mindset,"ah gw toh udah tau caranya biar kurus lagi. selama ada makanan, hajar aja. paling juga naek sekilo" hasilnya pasti sudah bisa ditebak, berat badan lama balik lagi atau malah makin berat drpd sebelumnya. si manusia inipun mulai ngejalanin diet kayak dulu tapi ga ada hasilnya. kenapa? ya secara logika si simple aja, badannya sudah beradaptasi dengan pola makan seperti itu. trus diet itu sebenernya apa sik?

kalo diambil dari wikipedia, diet itu menurut asal katanya berarti pola hidup atau kalo dalam ilmu nutrisi bisa diterjemahin jadi semua makanan dan minuman yang kita pilih buat jadi menu sehari2 dari waktu ke waktu. jadi diet itu artinya bukan usaha kurus tapi lebih kepada pengaturan pola makan. memilih makanan yang bukan sekedar menyenangkan lidah tapi juga berguna buat tubuh. 

sebelum anda2 (terutama cewek2 yang suka ngarang diet kurus sendiri) berusaha untuk kurus/gendut dengan apa yang lo sebut "diet", ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Ubah Pola Pikir


seperti yang udah gw bilang, diet itu bukan usaha kurus tapi pengaturan pola makan. lupain tentang ngurang2in makan ato olahraga kalo mindset diet lo mentok di sekitar usaha kurus. olahraga bukan obat buat mengganti rasa bersalah gara2 udah makan rainbow cake tadi siang. berdasarkan artinya, siapa aja yang butuh diet? semua orang yang pola makannya belum bener. gw yakin kok semua orang ga usah diceramahin juga udah tau sebenernya mana yang sehat sama yang ga tapi banyak yang lebih memilih buat nyenengin lidah tanpa peduli apakah makanan itu dibutuhin tubuh ato ga. akibatnya, berat badan tubuh ga sehat(kegemukan/kekurusan), badan jadi gampang sakit, dsb. sakit adalah alarm tubuh kalo yang elo makan itu ga bener. waktu kita minum obat tanpa memperbaiki pola makan, sama aja kayak nimpuk alarm tanda kebakaran tanpa madamin apinya. alarmnya si mati tapi tetep aja kebakaran. 

2. Tetapkan Tujuan Diet

biasanya kalo ditanya diet itu apa, jawabannya usaha biar kurus. trus tujuan diet apa? ya biar kurus. hahahaha. jawabannya disitu2 aja. waktu kita mutusin buat diet, kita harus punya motivasi yang kuat dan target yang rasional. diet dengan tujuan biar kurus atau mengembalikan berat badan ke angka tertentu itu belom cukup buat menguatkan niat. buat lo yang terbiasa makan enak (baca:ga sehat), untuk mencoba pola makan baru yang memperbanyak sayur2an dan buah2an pasti ga gampang makanya butuh niat yang kuat. diet dengan tujuan sehat sebenernya jauh lebih memotivasi daripada nurunin berat badan. secara psikologis, ketika kita nepsyong buat nurunin berat badan, alam bawah sadar kita dikasi tekanan(secara sadar atau tidak sadar) gimana caranya biar berat badan turun. diet yang dijalanin dengan perasaan 'tertekan' dan cuma didasarin sama timbangan ga bakal tahan lama. pernah denger ga kalimat a happy dieter is a successful dieter? ini bener banget. kalo motivasi diet lo murni karena lo cinta sm badan dan pengen sehat terus sampe tua, diet bakal jadi pola hidup sehari2 bukan semata2 demi ngedapetin berat badan idaman.

3. Jangan Pengen Yang Instan










Di dunia ini ga ada yang instan, bahkan indomie ato pop mie pun butuh waktu biar mateng. diet juga gt. kebanyakan orang2 itu langsung tertarik dengan diet instan yang ngejanjiin turun 7 kg dlm 1 minggu. semua langsung rame2 ngelakuin tanpa mempelajari dampaknya buat tubuh, yang penting kurus. penurunan berat badan yang sehat itu adalah sekitar 0,5-1,5 kg per minggu. lebih dari itu, kita cm kehilangan air, bukan lemak. badan kita itu 80% disusun oleh air. ketika badan kehilangan berat kebanyakan, sebenernya yg terjadi adalah sel2 di dalam tubuh jd berantakan. badan bakalan masuk ke starving mode, dan dia bakal matiin fungsi tubuh yang ga kepake. untuk cewek, sbg contohnya adalah fungsi reproduksi. gw pernah ngalamin ini. berat si turun banyak tapi jadi ga mens 2 bulan. serem abis. selain matiin fungsi tubuh, karena air banyak berkurang, kekenyalan kulit jg berkurang jadinya kurusnya itu jadi kempot + gelambir2 ga jelas. FYI, lemak paling seneng ngisi gelambir lhooo.. jadi kalo si badan ini udah starving mode dan tiba2 kita balik lagi ke pola makan yang dulu, otomatis, lemak yang ngisi. bukan otot. makanya jadi lebih gendut. penjelasan simplenya si kira2 gt.

4. Rencanakan Diet
Ngrencanain diet itu penting. tapi ya bukan rencana doang tapi dilakuin ga. hahaha. maksudnya itu, kita ngrencanain gimana caranya diet dan belajar metode2 diet termasuk akibat2 buruknya buat badan kita. jangan asal ngikutin diet yg lagi tren ato asal skip makan. seperti poin di atas, jangan tergiur dengan berat badan cepet turun. rencanain aja apa yang bakal dimakan, gimana cara makannya dan kapan waktu makannya. selain itu, bisa juga ditambah dengan target olahraga berapa kali seminggu. seminggu, kita perlu waktu olahraga minimal 150 menit. bagi 5 aja, 30 menitan biar ga berat. 

5. Ukur Hasil Diet Secara Rutin
timbangan bukanlah satu2nya pengukur keberhasilan diet. kalo diet lo masi semata2 terpaku sm timbangan, brarti diet lo salah. masi ada lingkar pinggang, lingkar panggul, lingkar perut, bmi, bmr, percent body fat, dsb. berat badan turun tidak identik dengan sehat. kalo mw cepet turun berat, ya diabetes aja. hehehe. kebanyakan orang2 kalo liat temennya makan yang sehat2 pasti pertama kali yang ditanyain, "turun berapa kilo?" padahal yang ditanyain beratnya udah ideal dan cuma pengen sehat. kalo emang mau nurunin berat, ukurlah berat badan seminggu sekali pada waktu dan keadaan yang sama. misalnya hari senin sebelum mandi, dlm keadaan bugil. pastikan kamar terkunci rapet tapi ya. hahahaha. 


segini dulu ah postingan pertama gw. belajar diet itu penting. gw sendiri udah pernah ngelakuin berbagai macam diet:
- ga makan malem hasilnya bikin gw kena maag dan kenaikan berat badan yang lebih dr itu stlh mulai makan.
- pake produk diet yg terkenal hasilnya kolesterol gw naek dan bawaannya lemes
- olahraga berlebihan hasilnya mens gw macet2
- diet kalori hasilnya tersiksa, rambut rontok, lemes, dan gw menampakkan gejala anorexia

kata erykar lebang, badan yang sehat mengatur berat badannya sendiri. badan yang sehat ga bakalan nyimpen lemak berlebihan ataupun kurang gizi. jadi sehatin badan dulu. berat badan turun itu bonus. 

2 comments:

  1. :D mba iche, tulisanmu yahuud..
    aku "tergugah"..
    mulai mau mencoba "berusaha" sehat..hmmm,,,hmmm..pola makan yaaa..
    thnks buat motivasinya mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. sama2.. terimakasih yaaa buat komennya ;)

      Delete