Thursday, May 15, 2014

How to make zuccini 'noodle' ( 'mie' zuccini )

Beberapa bulan ini gw lagi berusaha ngurangi makanan prosesan dan memperbanyak raw food(sayur-buah). kenapa?

seperti yang udah sering gw bilang, sayur sm buah itu punya enzimnya sendiri yang membantu pencernaan kita buat mencerna. kalo mereka diproses lebih dari 40 derajat, enzim + mineral2 dan vitamin2 lainnya dapat dipastikan kandas dan binasa. mungkin cuma sisa 20 ato 10% aja tergantung proses masaknya. kalo pake dipanasin lagi waktu mau makan, yah sudah dipastikan itu cuma sampah dalam bentuk sayur. hehe. Pola makan raw food itu bisa jadi sangaaaaaaatttt membosankaaaaannnn bagi yang ga ngerti. oleh karena itu, dibutuhkan kreatifitas dan eksperimen tingkat tinggi. Gw seneng si eksperimen kalo liat2 resep raw food, rasanya pengen nyobain tapi waktunya ga ada.hehe. Jadi, liburan adalah saat yg tepat untuk bereksperimen >:)

Udah lama banget penasaran sama zuccini noodle. Jadi bikin mie dari zuccini mentah gitu. Berhubung gw ga punya alatnya dan alatnya itu mayan mahal jadi
gw googling aja cara ter-simplenya. Disitu ada orang pake alat semacam kerokan blewah. Waktu gw cobain kemaren, ternyata teksturnya zuccini terlalu keras buat si kerokan jadinya kayak diserut aja. Okelaah, gw pake peeler aja. Dan voilaaaaa... Bisa dong walopun jadinya bentuk kwetiauw. Hahaha. Fettuccine lah ya biar kerenan dikit. Cara bikinnya gampang kok

1. Serut ato diapainlah itu zuccini sampe berbentuk kayak mie.
2. Kasih sedikit garam, aduk2 pake tangan aja biar nyampur.
3. Taruh di atas saringan di atas wadah, diemin sekitar 20-30 menit biar airnya keluar. berhubung ga punya saringan gede, pake tempat kukusnya magic jar ajah. haha

















4. Bilas dengan air matang. Bukan air matang yg anget atopun yang dingin yah. Yang biasa aja.
5. Udah de tinggal dikasi pendamping.

Kemaren gw bikin jamur shitake yg dimasak gaya aglio olio buat toppingnya. jamur sebaiknya ga dimakan raw ya. takutnya ada yang badannya ga bisa nerima(alergi). soalnya ada jamur yang bisa dimakan raw, ada yang ga. jadi ya daripada-daripada ya bo mendingan dimasak aja. tapi kalo udah bentuk jamur krispy yg dijual di abang2 dengan minyak kemana2 si yah.. mm..
ada pengalaman ya waktu itu gw beli jamur krispy di abang2 (yes, kadang2 gw masi suka jajan ;D ) trus di gerobaknya ada tulisan: "makan jamur bisa melangsingkan tubuh, mencegah kanker, antioksidan, dll"
bener ga? bisa sih kalo makan jamurnya bukan dari jualannya dia. hahahaha. jahat banget gw.
1. jamurnya dibalur tepung terigu
2. digoreng deep fried sampe garing
3. minyak itu juga ga tau udah dipake berapa kali 
4. makanan yang digoreng adalah makanan teroksidasi. udah de ga usah ngarep antioksidan. haha
terus kenapa gw beli? ya kan sesekali gpp. abis itu juga kapok gr2 tenggorokan langsung sakit. hahahaha.

eh kok jadi bahas itu, lanjut yah ke masakan tadi. kalo mw nyirem toppingnya ke atas si zuccini jangan waktu jamurnya masi panas yah. Tunggu sampe udah agak dingin aja biar enzim si zuccini ini ga mokat. Hehehe. jadinya kayak gini:
raw zuccini 'fettuccine' mushroom aglio olio ala gw
tentunya lambung gw bakal meronta2 kalo makannya gt doang, jadi kita lengkapin dengan raw vegetables salad. kemaren si sayurnya itu bayam merah, baby kailan, tomat, lobak merah(red radish) sama caisim. special thanks to jeje yang udah ngasi se-kresek penuh caisim dipanen sendiri dari kebonnya.. yaaaaaaayyyy!!! emang beda rasanya kalo sayur dipanen lgs dari kebon sama beli di abang2. lebih seger rasanya. hehe.
a bowl full of salad
Oke, udah cape masak, poto sana sini. saatnya dicicipi..
harap - harap cemas
Rasanya?
Enaaaaaakkk. ini bukan bentuk narsis sama masakan sendiri yah. haha. tp kemaren tetangga kosan gw juga bilang enak kok trus doi bilang juga ga berasa kalo ini sayur. hihihi. Gw sendiri si lebih milih ini drpd pasta ato mie. Ya secara ya kalo makan mie pasti perut gw lgs begah + kembung, pake mual juga kadang2. Apalagi kalo makan indomie, begahnya 3 hari + pusing2. T_T itulah sebabnya gw ga mau lagi makan mie instan, pop mie ato apapun deh. Udah 2 tahunan ga makan indomie dan ga sekalipun gw pengen walopun ada yg makan di depan gw + baunya kemana2. Ngapain coba dimakan? Baunya doang yang enak, Rasanya juga gt aja, Gizi ga ada tapi abis itu mual2 + begah 3 hari. selaen mie instan, masih mending sih kembungnya.

Kalo biasa makan sehat, sekalinya makan ga sehat pasti alarm tubuh langsung nyala. Ya ibaratnya kayak orang yang biasa naik mobil mewah tiba2 disuruh naik bajaj oren. Ya pasti ga nyaman sama sekali. 

Misalnya zuccini kemahalan ato jarang2 terlihat di daerah anda, mm... Diganti apa yah? Labu siam bisa kali yah? Belum pernah coba si cuma kalo dari rasa si mirip2, tekstur aja yg beda. Zuccini beda sama timun jepang yah sodara2. Kalo diganti timun, mmm,, entahlah, kyknya kurang enak de. Tapi yah dicoba aja :D

Okeh. Segini dulu updetnya semoga bisa ngasi ide buat variasi makanan :D selamat mencoba ^^
happy tummy, happy and healthy body

No comments:

Post a Comment