Wednesday, December 3, 2014

Latihan Perut Selama PMS (Premenstrual syndrome)

Ada yang disini suka sakit perut kalo lagi mens?
yak.. gw juga ikutan deh. hehehe.

Emak gw selalu bilang kalo sakit perut waktu lg dapet itu ada faktor keturunan. ada yang emang dari jaman eyang2nya bawaannya sakit, ada yang ga. well, gw ga tau juga sih ada hubungannya apa ga, yang jelas gw punya tips n trik disini buat ngatasinnya.
mm.....
ga sepenuhnya ngatasin sih sebenernya. sakit perut sih masih tp ya dikit aja dan ga sampe menyiksa jiwa raga intinya. anggep aja sakit perut bercanda. hahaha.

okeh,, berdasarkan pengamatan atas diri sendiri,
kalo gw lagi rajin olahraga waktu PMS (pre-menstrual syndrome) terutama rajin latihan perut, sakit perut gw berkurang bahkan bisa dibilang hampir ga ada. ternyata setelah gw browsing2, ada hubungannya antara nyeri haid dan otot perut. nyeri haid terjadi karena kontraksi otot rahim yang intens untuk ngeluarin darah yang ada di dlm rahim. pencegahannya bisa dengan berolahraga rutin terutama latihan perut yang dalam hal ini, fokusnya lebih ke otot perut bagian bawah. otot perut yang terlatih akan lebih lentur dan mempunyai peredaran darah yang lancar. ketika otot rahim kontraksi, otot perut kita ga tegang sehingga rasa nyeri bisa berkurang atau malah ga ada sama sekali. yes, I know.. you're a very busy woman and you don't have time to work your body out. 
but honestly, you don't have time or you don't spare your time? 
hahaha.. okay.. whatever.. daripada semakin tertusuk2.

sebenernya sangat penting buat cewek untuk punya core muscle yang kuat. kenapa? karena cewek2 itu ada fase hamil, melahirkan, punya anak, ngurus anak, ngurus keluarga, blom urusan kerjaan dan urusan pergaulan lainnya. jadi kalo anda punya tulang yang kuat + ada support dari core muscle yang terlatih, anda ga bakalan gampang capek, encok, pegel2, kram, kaku2 ototnya. ya intinya, kekuatan badan itu ya sesuai umurnya. bukannya umur masi kepala 2 ato kepala 3 tapi tenaga udah kayak nenek2 80 taun yang lemes2 rematik.
so, now, I'm gonna tell you some quick and simple moves for all women who desire to survive the menstrual cramps. hahaha.

1. mountain climbers
mulai dengan plank position(gambar a), tangan bertumpu di bawah bahu, kencengin perutnya. mulai gerakan kaki kanan ke arah bawah dada(gambar b), balik lagi ke plank, ganti kaki kiri(gambar c). lakukan gerakannya pelan2 atau setengah berlari.

2. side crunch
mulai dengan table top legs. perut juga tetep dikencengin ya jangan gendut perutnya. jari kaki point bukan flat.
kemudian telapak tangan diletakkan di bawah kepala, bahu diangkat, arahkan sikut kiri ke lutut kanan kemudian sikut kanan ke lutut kiri. ganti2an gitu terus. 
option buat yg ga kuat, lakuin ini:
challenge buat yang merasa kurang tertantang:
sikut kanan ke lutut kiri, kaki kanan dilurusin dengan jari kaki point. gantian kanan kiri.

3. hip raise

gerakan ini kembali lagi perutnya dimasukin alias dikencengin, jari kaki point. naikin pinggulnya dikit aja, ga usah banyak2 lalu kakinya diturunin tapi ditekuk.
kasian banget mbaknya dipotong gambarnya. haha. posisi badan atas tetep tiduran ya, ga usah lebay pake diangkat2.

4. plank
plank position adalah latihan untuk core yang baik karena butuh sinkronisasi dari banyak otot. taruh siku di bawah bahu, kaki bertumpu pada jari kaki. kencengin perut dan bokongnya. posisi badan segaris, pantat jangan nungging. kepala jangan nunduk tapi usahakan tetep segaris sama badan supaya posisi dari kaki sampe kepala tetep 1 garis. gimana caranya biar tahan lama di posisi ini? kencengin aja perut sama bokongnya. squeeze it!! sampe gila. hahaha. option buat pemula boleh pake kaki dengan cara lututnya diturunin tapi tetep pantat ga boleh nungging. yang udah biasa olahraga, jangan pake lutut yah, ga pake tangan juga gpp. hahaha.. ngambang dong ya. gw cuma bcanda looh, tar pada berusaha ngambang pula.

that's it. 4 aja deh. 4 aja belom tentu dilakuin kan? apalagi banyak2. hahahaha.. I know you so well.
terus berapa lama gerakan ini dilakuin?
  • untuk cewek2 yang biasa olahraga: gerakan 1,2 dan 3 masing2 lakukan selama 45 detik, plank 1 menit. dari gerakan 1 - 4 itu 1 round. lakukan 3 round dengan jeda istirahat antar round 30 detik - 1 menit.
  • untuk cewek2 pemula yang jarang sampai cenderung tidak gemar berolahraga (ga usah senyum2 ngerasa kesindir.. ekekek) : gerakan 1,2 dan 3 masing2 lakukan 20 detik, plank 20 - 30 detik. kalo waktu plank 10 detik aja udah berasa di neraka, turunin aja lututnya. kalo masih berasa di neraka juga, bobo aja deh. lakukan 3 round juga kalo pengen maksimal dengan jeda istirahat antar round 30 detik - 1 menit. kalo pengen 1 round doang juga terserah tapi besok2nya ditambah yak ;)
lakukan gerakan2 ini 3x dalam seminggu udah cukup. kalo mau tiap hari juga gpp sih kan cuma 6-7 menit aja totalnya. setelah ngelakuin gerakan2 siksaan batin ini, lanjutkan dengan stretching. apa aja stretchingnya?
1. cat and cow pose

ini gampang gerakannya tinggal badan dicekungin trus dicembungin aja.

2. child's pose

posisi kaki bersimpuh, tangan dilurusin sampe berasa stretch di badan.

lakukan gerakan2 stretching ini secukupnya aja yang penting badan udah berasa stretch. Hal yang perlu diinget adalah: Lakukan gerakan2 ini selama masa PMS yaitu kira2 7-14 hari sebelum menstruasi, BUKAN pada saat menstruasi. selain olahraga, makanan juga ada efeknya. saat menstruasi. biasanya kan kalo lagi mens perut defaultnya pasti berasa penuh, kembung,nyeri,dll, nah biar ga makin parah, kurangi makanan tinggi gula, kafein, tinggi lemak jahat seperti goreng2an dan tinggi garam. banyakin aja konsumsi sayur dan buah segar.

okay, demikian sedikit tips n trik dari gw. semoga berhasil!!!

No comments:

Post a Comment