Monday, March 24, 2014

No More '4 sehat 5 sempurna' - Makan Sayur Yuk Kakak

Minggu kemaren udah bahas buah berarti sekarang giliran bahas sayur.
mmm.. kalo buah okelah dimakan mentah, kalo sayur?? yg bener aja dimakan mentah? ga takut pestisida ato toksoplasma? rasanya gimana tuh ? lo mau jadi kambing?
ini adalah sejumlah pertanyaan yang seringkali muncul di hidup gw ketika gw mulai ngebuka kotak pandora yang isinya sayuran mentah. bukan cuma pertanyaan tapi ekspresi muka mereka seolah2 berkata, "lo manusia apa bukan sik?makanannya aneh banget" hahahaha. setau gw, di Indonesia, orang sunda yang doyan banget makan lalapan. yak diberkatilah kesehatan kalian wahai orang sunda karena kebiasaan ini adalah sungguh baik di mata Tuhan dan sistem cerna. kenapa sebaiknya sayur dimakan mentah? karena sayur mentah enzim, mineral dan cadangan airnya masih lengkap.

dari kemaren2 ngomongin enzim, sebenernya enzim itu apa sik? penyakit kulit itu bukan sik? bukan itu eksim -___- enzim adalah suatu senyawa yg fungsinya untuk mempercepat suatu reaksi kimia.

apakah proses cerna dan penyerapan nutrisi itu termasuk dalam proses kimia?
iyes.
butuh enzim dong? iyes bingit.
reaksi kimianya dlm bentuk apa? ya macem2.salah satunya proses memecah2 kandungan nutrisi yang ada di makanan ke bentuk2 yg lebih sederhana yang bisa dimanfaatkan tubuh. misalnya protein jadi asam amino, dll.

Dalam budaya kuliner indonesia ato dimanapun, orang2 udah dibiasain memproses sayur sampai mateng, bahkan sampai cenderung lunak. parahnya lagi udah dimatengin, kalo mw makan, dipanasin lagi. sayur yg diproses lebih dari 40 derajat celcius, sudah dapat dipastikan enzimnya mati. mineral tertentu seperti kalsium dan vitamin c juga langsung hilang tak berbekas. cadangan air? ya pastilah ga ada lagi. sekarang tau kan kenapa sayur jadi lemes kalo dimasak? airnya udah ilang. jadi jangan harap makan buah dan sayur bisa membantu badan lo memenuhi kebutuhan air per hari (selain minum air) kalo buah dan sayurnya ada dalam kondisi dimasak. sayur yang dimasak akan kehilangan nutrisinya sekitar 80%. kalo yang lo makan sayur dalam bentuk cap cay, sayur bayam/sayur bening, tumis2an apalagi gudeg, dengan sangat menyesal saya katakan bahwa itu bukanlah bentuk makan sayur. itu cuma makan serat bentuk sayur.  ga pa2 sih kalo mw makan sayur dlm bentuk kayak gt, tapi sebaiknya imbangi juga dengan sayur2 mentah.

apa aja si sayur2an yang bisa dimakan mentah? hampir semua sayuran bisa dimakan mentah kecuali daun singkong karena ada racun sianidanya. jadi lebih baik dimasak. kalo susah ngumpulin niatnya, makan aja dulu yg biasa dipake buat lalapan kayak timun, tomat, kol, selada, terong ijo, leunca, kemangi,, apalagi?.. yah itu deh. haha.

trus ga takut gt sama pestisida ato bakterinya?

ada beberapa alternatif untuk mengatasi ketakutan, keraguan dan kegelisahan pemirsah sekalian akan adanya hambatan, ancaman dan gangguan dari pestisida dan bakteri ini:
1. bagi anda yang dikaruniai harta berlebih oleh Tuhan, bisa mulai beli sayuran organik. kalo ga punya duit banyak, tp punya tanah sisa di teras rumah, bisa nanem sendiri sayur organik.
2. buat golongan yang males beli organik dengan alasan penghematan, bisa pake cuka apel/garam. gw sendiri pake cuka apel. jadi caranya itu, cuci sayur di bawah air mengalir sekitar 2-3 menit abis itu direndem di dlm air yg udh dikasi 2-3 tetes cuka apel. biasanya si gw tinggalin aja sambil motong2 yg lain. kalo mw dibilas lagi boleh biar cuka apelnya ilang tapi kalo gw si berhubung males bilas2 lagi, y udh makan aja. hahaha. ga asem kok rasanya asal ga kelamaan. buat taneman berkulit kayak wortel, terong ungu, dll sebaiknya dikupas karena agak2 meragukan kalo ga organik. kalo g mungkin dikupas kyk tomat, dll yah pake cuka apel/garem tadi.
3. blanch ato bahasa indonesianya diblansir adalah cara yg dilakukan dengan mencelupkan sayur ke air mendidih selama 3 detik. ga semua sayur perlu diginiin. ada yg menyarankan brokoli sebaiknya diolah dengan cara begini tp kalo gw si sayang soalnya brokoli kalsium sm vit c nya tinggi.
hamil bukan alesan yah. ini udah gw kasi cara2nya. sebaiknya si organik yah tapi.

kalo makan sayuran berbatang keras kayak brokoli, kembang kol, kailan, bayam gimana?
untuk sayur2an tipe ini, biasanya gw potong kecil2 trus dicampur sm sayur2an yg rasanya netral seperti selada bokor, tomat, timun, dll. enak2 aja kok. intinya sayur apa aja kreatifin ajalah. mau dipotong kecil2, diserut, juice,, yah gimana caranyalah asal ga dimasak.

sayur mateng aja gw jarang doyan, gimana yang mentah? ada ga caranya buat pemula?
1. dressing
cara ini bisa dipake buat yg pengen makan sayuran doang. ada banyak macem dressing di dunia ini tapi gw ga nganjurin pake mayonaise. apalagi kalo sayurnya cuma 1 mangkok kecil tp mayonaisenya 2 sendok sayur. itu si dijamin efek sayurnya ketutup sama jeleknya mayonaise. haha. dressing kebanggaan rakyat indonesia alias bumbu kacang jauh lebih baik drpd mayonaise asaaaalll.. ga lebay. biasakan pake dressing dengan prinsip "asal ada dan keliatan nyampur" aja. biasanya beli di tukang gado2 kan banjir yeee, makan aja seperlunya. kalo mau sehat ya dressingnya olive oil. hehe.

2. makan pake lauk/sayur pendamping laen.
                                  ini adalah cara yang masih gw pakai sampe sekarang. makan sayur2an mentah +  tumisan/lauk/nasi/krupuk/kacang2an. cukup membantu lhoo cara kyk gini. rasio lalapan dan lauk pendamping maksimal 50:50 ya. jangan 30 lalapan, 70 lauk. ga guna itu mah. kalo ga kenyang, y tambah lagi aja lalapannya. hidup jangan dibikin susahlah. sayur adalah satu2nya makanan yg dimakan banyak juga ga bikin gendut. alpukat sekalipun walopun kalorinya tinggi tapi lemak yg ada dlm alpukat bukan lemak jenuh. jadi aman jaya sentosa, sodarah2.
ini contoh menu gw: asinan sayur + sayur mentah semangkok
3. dikasi bumbu

dikasi bumbu sama dressing ini konsepnya beda2 tipis. sebenernya buat kita yg tinggal di indonesia yang punya banyak rempah, soal bumbu2an pasti g ada masalah. masalahnya paling ada di kombinasi bumbunya. hahaha.. itu gue doang si kyknya. hahaha. secara gw ga apal sama rasa rempah2 dan ga bisa biasa masak. jadi pernah gw eksperimen bikin sayur2 mentah dicampur sm bumbu kari bubuk+garem+ketumbar+merica+peterseli. hasilnyaaaa.... hoeeekkk.. wuahahahaha. untung baru gw campur setengah sayurnya tapi sumpe de itu perjuangan banget ngabisinnya. yah beginilah kalo jiwa iseng lagi kumat.

bayam,kangkung,kacang kan bikin asam urat, wortel bikin kuning gimana tuh?
ya makanya jangan makan sayur yg itu2 aja. sebagus2nya sayur, kalo dimakan tiap hari ato seminggu berturut2 cuma makan jenis sayur yg sama juga ga bagus. kelebihan nutrisi tertentu pasti juga ada efek buruknya jadi variasiin yah. kebanyakan org asam urat itu ya karena yg dikonsumsi itu2 aja selain faktor pola makan buruk lainnya.

kalo anak2, masa mentah juga?
yah selama anaknya masi termasuk golongan manusia ya sebaiknya iya. hahaha. kreatifin ajalah. disempil2in dimana ato dicampur makanan apa.. pokoknya gimana caranyalah ya, ibuk2.

sekarang, gw share jenis2 sayur yak, yg gw dapet dari grup food combining, buat inpoh para pembaca setia blog tercinta:

- Gol BUAH tapi SAYUR : (fruktosa rendah)
alpukat, timun, tomat, mengkudu, jeruk nipis, lemon, pete, jengkol, cabe2an, polong2an(buncis, kacang panjang), kelapa, labu siam, terong2an.
- Gol SAYUR :
daun2an, kecambah, jamur, lidah buaya, daun cincau
- Gol SAYUR berbentuk BUNGA :
brokoli, kembang kol, bunga pepaya, bunga sawi, bunga bawang
- Gol SAYUR yg berasal dari laut
rumput laut/wakame
- Gol UMBI yg bersifat SAYUR : golongan ini rendah karbo
wortel, daikon/lobak, beet, bawang2an..
- Gol UMBI karbo :
kentang, singkong, ubi, talas/taro, ganyong, bengkoang (kecuali bengkoang, tolong umbi2an ini jangan dimakan mentah. apalagi dengan kulitnya. cape aja makan kulit singkong)
- Gol SAYUR BUAH berkarbohidrat :
labu kuning/pumpkin, kabocha
- Gol KACANG2an :
Ada 3 macam: kacang2an yg berasal dr pohon: almond, macadamia, walnut, pistachio.
Trus yg berasal dr tanaman: kacang kedelai, kcg hijau, kacang merah.
Dan kacang yg berasal dr umbi/akar: kacang tanah.

FYI cewk2, sayur bisa bikin kulit cakep tanpa krim mahal lhooo..  hayoooo pada makan sayuuurr biar cakep + sehat!!!

kalo ada yg mw tanya boleh yak. kalo bisa, ya gw jawab. kalo ga bisa, gw phone a friend ato ask the audience dulu. hahaha.

see youuuuuu!!

2 comments:

  1. Salam kenal mbak iche....,
    Sudah brp lama menjalani pola hidup spt yg diceritakan dan apakah tdk tergoda makan makanan yg berkuah kental, santan, fast food, makanan olahan yg menggoda selera :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas,

      saya udah lama banget. mungkin udah 2 atau 3 taun. kalo saya sih yg penting pola makan sehat seimbang. kalo emang pengen banget, ya ga ada salahnya yg penting ga berlebihan dan selalu didampingi sayur yg banyak. kalo situasinya lg ga memungkinkan, y udh sesekali ini. intinya dinikmati aja prosesnya,mas. jangan dibikin ribet :)

      Delete