Wednesday, October 29, 2014

Me: Before VS After

I'd been waiting so long for my annual medical check-up schedule to come. biasanya si sekitar juni - juli tapi entah kenapa ini baru muncul oktober. yes, gw termasuk beruntung karena di kantor gw ada medical check up tahunan. walopun udah didatengin orang dari klinik kantor buat check up, masi ada juga pegawai yg males ngikutinnya. kenapa yah orang2 ini? takut yah ketahuan penyakitnya?

buat yg takut, gw punya cerita. my mom adalah orang ter-parno soal kesehatan yg pernah gw kenal seumur hidup. minum obat juga dia takut, apalagi periksa lab. jadinya doi ga pernah periksa. badannya terus menyusut sampe suatu saat dia berasa lemes, keringat dingin semua. akhirnya diperiksainlah dan hasilnya positif diabetes, hipertensi juga. gulanya 400, kolesterol tinggi dan trigliserida nya tidak terhitung jumlahnya. sekarang dia harus minum obat segepok tiap hari sampe selamanya. not a single tablet yah, segepok!! segepok tablet yg broke my heart everytime I saw her took it. so, I decided not to be like my mother in the future. kalian mau hidup kayak gt di hari tua? gw yg anaknya aja ga mau. hahaha. bukannya durhaka yah. keluarga kalian boleh punya riwayat penyakit apa aja, but you always have a choice to choose what kind of life that you're going to live. berita baiknya, gen penyakit keturunan cuma ngefek 3%, selebihnya.. tentu saja POLA MAKAN. Jadi medical check up teratur itu penting.
oke sebelum ke kenapa gw seneng banget nunggu medcheck dan hasilnya, kita flashback dulu ke kehidupan kelam gw dulu. hehe. =>
Ga banyak yang tau (bahkan kyknya ga ada yg tau) kalo gw dulu
pernah stress banget sampe makan mlulu. gw menggendut si walo ga gendut banget. (ya kan..? iya ga sih? *panik*) orang2 mulai ngatain gw gendut. setiap ketemu orang selalu dibilang gendutan. akhirnya, nambah stres. gw mulai benci diri sendiri. I looked myself in a mirror, I hated myself, I felt like a failure. a very ugly girl. gw mulai daftar gym dan mulai searching2 tentang diet. pilihan gw jatuh kepada W*P. gw mulai beli box-nya. dan gw konsumsi itu terus berbulan2 sambil gym gila2an. bukan cuma itu. setiap mw makan sesuatu, gw itung kalorinya berapa dan berapa banyak gw harus makan supaya ga lewat kebutuhan kalori harian. semuanya gw catet di note. iyaaaa gw nyatet apa aja makanan gw setiap hari + kalorinya. sampe kemudian teman gw bilang kalo gw ini kayak menderita gejala anorexia. waktu gw search,, yup.. sangat mirip. I'm so grateful karena kyknya wkt itu Tuhan berusaha ngomong ke gw lewat temen gw ini sebelum gw bener2 anorexia.

hasilnya gimana? ya kurus doooonngg. tapi.. gw hiperkolesterolemia dan mencapai puncaknya taun lalu kolesterol gw 267. ini udah masuk kategori buruk, bukan cuma sekedar di atas normal. selain itu, gw langganan maag, sering pusing, badan pegel2, lemes, gampang banget sakit. tapi itu semua masih gw anggap normal. sampai kemudian siklus haid gw mulai ga lancar dan gw brenti mens 2 bulan. kalo ada penanggungjawab resmi yg mengisi sih ini kabar bahagia yah, nah ini?? diisi juga ga, penanggungjawab resmi apalagi. hahahaha. perut kiri gw juga suka nyeri kalo dipake buat berdiri kelamaan. gara2 itu, gw bolak balik periksa ke RS, dilempar ke dokter sana sini, disuruh coba minum obat ini itu tanpa tau gw sakit apa. semuanya cuma 'kemungkinan'. hampir tiap hari gw tes darah sampe udh ga tau lagi mw ditusuk di tangan sebelah mana. seminggu kyk gitu dan dalam 2 hari, gw udah abis 4 juta cuma buat obat+dokter+lab. Thank God dicover kantor. hahahaha.. tapi tetep ajaaaaa..!! singkat cerita akhirnya gw sembuh dr penyakit unknown itu. gw mulai sadar kalo gw perlu hidup sehat dan mulai melepaskan obsesi kurus gw ini. untuk cewek dengan range berat badan normal ato bahkan yang sudah kurus, obsesi kurus ini sebenernya lebih ke kejiwaan. kalo lo bisa terima diri apa adanya, maafin diri sendiri, dan mulai mencintai diri sendiri, apapun perkataan negatif yg orang katakan ke lo, ga bakal lo terima bulet2. kalo bener, buat kritik membangun. kalo ga bener, abaikan sajah. jadi ga dibawa stres.

Setelah sekian lama berada di lembah kekelaman, gw mulai searching2 gimana caranya biar sehat dan ketemu sama yg namanya food combining. gw mulai baca2 di internet, beli bukunya dan praktek semampunya. gw kira tujuan utama yg harus ditetapkan ketika org mau diet adalah pengen sehat, bukan pengen kurus. diet dengan tujuan pengen sehat biasanya lebih bertahan lama karena itu jd lifestyle. Gw udah setahun FC walo baru bener2 ngerti gimana FC sebenernya setelah gw gabung di grup Food Combining Indonesia. Food combining bukan satu2nya cara buat sehat sih. cuma kebetulan gw cocok dengan pola ini. yang penting kembali ke alam aja. makan makanan yang sesuai bentuk aslinya, jangan banyak prosesan. Makan makanan ciptaan Tuhan. makanan yang gampang busuk karena itu adalah makanan yang baik buat badan.
Tahun ini, gw excited banget nunggu jdwl medical check up karena ga sabar pengen ngelihat berhasil ga nerapin FC. sebelum check up, gw udah ga pernah pusing dan pegel2 gara2 kolesterol, badan seger, ga lemes gara2 kurang makan, siklus haid lancar, gw juga ga gampang sakit bahkan gw hampir lupa rasanya flu. maag yang biasanya bisa tiap bulan itu ilang sama sekali. setaun ini kambuh 2x gara2 gw yang emang lagi sibuk banget sampe telat makan. udah telat makan, makan seketemunya doang. Flu juga gw rasain gara2 kecapekan, kurang istirahat dan lg makan seketemunya juga. makan seketemunya itu maksudnya makanan yg asal bisa dimakan aja tanpa memperhatikan nutrisinya apa dan jelas ga sesuai food combining. gw juga kadang masih suka tergoda kue2 dan keripik2 terutama keripik singkong dan bakpia kacang ijo yang jadi my love-hate relationships. haha. tapi sebisa mungkin gw berusaha untuk disiplin.
berat badan gw emang naik tapi otot gw gampang kebentuk, ga kayak dulu. dan setelah hasil medcheck keluar, gw deg2 ser juga buka amplopnya. hasilnya...
everything is normaaall!!!!
huaaaaaa seneng gilaaaaa gueee.. rasanya ini kabar yang pweeccuuuaahh banget!! kolesterol gw turun 73 poin ke angka normal. gula darah, asam urat, tligiserida, dll semuanya normal. bakteri di urin yang tiap taun muncul, kali ini ga ada sama sekali. leukosit gw yg biasanya agak sedikit di atas normal, kali ini juga baik2 sajah. I am ecstatic!! biar ga dikira hoax, gw cantumin ya potonya:
ini hasil 3 taun yang lalu
ini hasil 3 taun yg lalu
hasil taun lalu yang gegap gempita
Dan ini hasil taun ini.. yaaaayyy
badan emang ga bisa bo'ong. apa yang lo tabur, itu yang lo tuai. kalo badan dikasi kebutuhannya, dia akan berfungsi sebagaimana harusnya. ya sama aja kayak mesin. kalo harusnya jalan 220 volt, dikasi 110 volt, jelas ga bisa. semuanya harus pas. ga lebih, ga kurang. badan kita punya kemampuan menyembuhkan dirinya sendiri. tugas kita adalah memenuhi kebutuhannya. 

gw hampir ga pernah minum obat. kalo flu, ya udah istirahat aja sama kencengin food combining. selain pola makan sehat, olahraga 3-4x seminggu sama istirahat cukup, gw berusaha mempertahankan pikiran tetep positif. jangan dikira gampang. This city drains me easily. kalo udah rasanya sumpek banget, gw biasa ngambil waktu sendiri. off gadget, off everything. yesss.. gw meditasi. duduk ato tiduran (awas ketiduran.. hehe), merem, talking to God, talking to myself, trying to listen to my body sekitar 5-10 menitan aja sih. berasa kyk org gila? pastik. nanyanya dlm ati aja ga usah kenceng2. hahaha. abis itu rasanya fresh dan bisa dipake juga buat ngelatih intuisi. ketika gw mulai sakit ini ato itu, gw tau apa penyebabnya. ketika mata gw liat makanan2 ga sehat yg warna warni, rasanya pengen ngambil tapi gw bisa ngerasain badan gw ga pengen makanan itu. Listening to your body itu penting. kalo badan udah bilang kenyang, ya jangan disumpelin terus mentang2 lagi ditraktir. kalo udah sakit parah, ya jangan nekat makan yang ga jelas.
pola makan sehat + istirahat cukup + olahraga teratur(ga lebay) + ngejaga pikiran kita tetep healthy + listen to your body adalah kunci  hidup sehat. tujuan gw si ga muluk2. cuma pengen sehat terus sampe tua, masi bisa kemana2 dan berbuat banyak buat anak cucu gw nantinya. gw ga mau jadi tanggungan anak cucu yg harus nyisihin duit buat beliin obat gue.
ah gw kaya kok sampe tua. coba pilih mana sekarang?
  • kaya tp hidup keluar masuk rumah sakit, minum obat seumur hidup, tersiksa pantang makanan tertentu sampe mati, uang abis buat cuci darah, pasang ini itu di mana2, pergi berobat kesana sini, atau
  • nikmatin masa pensiun, travelling kemana2 sm your loved ones, masih bisa makan makanan favorit lo, spend so much time playing with your child and grandchild. isn't this more beautiful?
kalopun gw nantinya sakit, ya karena udah tua aja dan udah masanya organ ini rusak. bukan karena pola makan amburadul di masa muda. gw yakin pola makan amburadul di masa muda akan dibayar sangat mahal di masa tua. buat apa selalu nurutin kesenengan lidah yg cuma beberapa cm di mulut tapi nyiksa usus yg ber-meter2 di perut? hampir semua penyakit asalnya dari pencernaan. jadi ya tinggal dipilih aja mau hidup untuk makan atau makan untuk hidup.

No comments:

Post a Comment