Thursday, September 11, 2014

Hidup Sehat itu Mahal?!?


seringkali kalo ada kata hidup sehat, orang - orang bakal mulai menolak dengan alasan klasik: mahal. emang bener yah gaya hidup sehat itu hanya milik orang kaya?
trus yang ngerasa ga kaya, nyerah gitu aja makan asal murah tanpa memperhatikan kualitas dengan modal doa biar ga sakit?
itu namanya mencobai Tuhan. kita tau Tuhan itu mampu ngasi mujizat kesembuhan tapi tugas menjaga kesehatan adalah tugas kita, bukan tugas Tuhan. 
contohnya gini: kita doyan banget makanan/minuman manis. pagi minum teh manis+nasi uduk/susu manis+roti2an, cemilan kripik2, siang nasi padang dengan porsi nasi segunung+kuah santan berlimpah dng sayur singkong yg sekedar asal ada, sore2 ada traktiran martabak manis/jco/roti2an, malem nasi goreng atau mie atau nasi penyet2an itu.
familiar ga sm pola makan di atas?
kalo diterapin terus menerus, ga heran kalo paling cepet 5 taun lagi anda kena diabetes. yang lebih cepet naiknya si paling kolesterol. gawatnya lagi udah tau kolesterol, gaya hidup kyk gini dilanjutin terus. makanya ga heran jaman sekarang orang masih muda bisa kena stroke, penyakit jantung, dan penyakit degeneratif lainnya. kalo udah gini, masih nganggep penyakit itu cobaan dari Tuhan? ato yg lebih ridiculous, penyakit ini dibikin orang?
coba ambil kaca deh. nah orang yg ngebikin anda sakit itu, ya orang yang ada di depan kaca.

oke, mari kita kembali ke laptop. sebenernya hidup sehat itu gampang dan bisa dibikin 2 macem: versi horang kayah dan versi minimalis. gw sendiri sejak hidup sehat justru pengeluaran buat makan lebih murah karena gw emang adopsi versi murahnya. hehe. jadi caranya gimana, kak?

1. Ganti sumber karbohidrat 
karbohidrat sederhana seperti nasi putih, tepung putih, roti, gula putih,dll ganti dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah,coklat, item, ubi2an, jagung, kentang, quinoa, labu, dll. oke gw tau harga beras merah kalo dibanding beras putih emang bedanya bisa sekitar 5000-7000an ato lebih tapi sekarang kalo gw tanya, anda2 sekali nonton bioskop berapa?
beras merah itu 2kg ada yang harganya 30.000 aja kok dan bisa dimakan dlm waktu yg lama. apalagi kalo anda anak kos tinggal sendiri. alternatif lain kan ada umbi2an yang murah meriah. kalo ada duit lebih, cobain beli quinoa yang mehong itu. tapi toh kita ga makan quinoa juga ga mati kan? jadi jangan dibikin susah.

2. makan buah

komen pertama kalo ada orang yang gw kasi tau kalo gw cuma sarapan buah pasti: buah kan mahal. hadeuuhh... kalo di jakarta, nasi uduk/bubur ayam/mie ayam minimal sekali makan 8000, pisang sunpride yg gede itu 2 biji 7000, salak 1 kg 10.000, jambu biji 1 kg 10.000, nanas 1 biji 8000, pepaya 2 kg 10.000 dan mereka ini bisa dimakan berhari2. jadi sekarang gw tanya mana yg lebih mahal? 
kalo emang duit cekak, ya jangan beli buah import yg mahal. buah lokal justru jauh lebih enak kok. lebih murah dan lebih sehat lagi. kenapa? kalo buah import, dipetik waktu masih muda dan ga tau udh selama apa perjalanannya dari waktu petiknya sampe ke tangan kita. sedangkan buah lokal, perjalanan dari waktu petiknya pasti ga selama dibandingkan dengan buah import. 
beli aja pepaya lokal/california(lokal juga), jambu biji, salak, apel malang, pisang(ambon,raja,dll), jeruk medan/pontianak, nanas, melon,semangka,mangga,rambutan,duku,manggis dan buah lokal lainnya. kita yang hidup di Indonesia ini punya banyak macem buah lokal loohh. sayang banget orang lokal Indonesia yang punya banyak macem buah tapi belinya malah jeruk USA, apel USA, pear RRC, dan buah import lainnya. selain lebih hemat dan lebih sehat beli buah lokal, kita ikut support petani lokal juga kan?

3. makan sayuran lebih banyak

sayur itu murah. coba anda ke warteg. pasti harga geng sayur termurah kedua setelah kerupuk. walopun begitu, masih ada aja orang yang bilang sayuran itu mahal karena harus organik. sayur organik itu kalo selada paling ada yang udah paketan sekitar 17.500 seplastik. dan bisa buat 2 hari kalo gw campur sama sayur yang lain. coba sekarang.. harga sekali ngopi di starbucks dan teman2nya itu berapa,cyint? buat anda2 yang punya duit lebih, bolehlah beli yang organik. kalo yang ngerasa kemahalan gimana? ya beli aja yg biasa. trus gimana dengan pestisida,dll? ada beberapa cara:
  • cuci di bawah air mengalir selama 3 menit sambil digosok2 daunnya
  • rendam dalam air yg dikasi tetesan cuka apel 3 tetes aja ato garam selama 3 menit. abis itu cuci di bawa air mengalir
  • kalo punya uang, beli strong kangen water buat cuci sayur.
gw sendiri ga selalu makan yang organik. lebih sering beli sayur yg di pasar. yang penting cuci aja yang bersih. kalo ibu hamil sih sebaiknya organik yah kalo mau makan mentah. perhatiin juga cara mencucinya. tapi ada juga kok sayuran mahal kayak wheat grass, kol ungu, paprika, bit,,, ya udah si ga usah beli yang itu. biar murah, cari di pasar tradisional yang bisa ditawar atau tar aja tunggu kalo diskon. kalo ga doyan sayur gimana? halaaaahh... selera mah bisa diatur. gw tanya deh.. emang dari awal kalian langsung suka sama pasangan? ga selalu kan? ada yang awalnya ga suka, begitu dideketin jadi suka sampe diputusin ga mau. hihihihi. prinsipnya sama aja. ala bisa karna biasa!! gw dulu juga cm suka sama sayur2 jenis tertentu. sekarang? gw udah saingan sama kambing, kelinci dan hewan herbivora lainnya. sampe temen gw bilang gw akan jadi orang paling survive kalo dilepas di hutan. hahaha.
4. minum air putih 

masi ada yg bilang air putih mahal?
kangen water, yang didaulat sebagai air buatan para ahli yg meneliti kandungan, struktur dan molekul air pada air zam2 dan sumber mata air lourdes, ya emang agak mahal. tapi kalo dibanding sama harga obat atau harga ayam kfc? ya ga ada apa2nya. kalo ga punya uang lebih, ya udah minum air mineral biasa aja. yang jelas indikasi kita udah cukup air adalah warna air seni yang jernih. minimal 2L tergantung usia, cuaca dan kegiatan. air yang diminum bener2 air putih ya. bukan dalam bentuk teh, kopi, minuman isotonik, sop sayuran, juice atau gule.
minum air sih ga perlu banyak2. dari makanan bisa kan?
kalo yang dimakan berupa buah dan sayuran segar(baca:mentah),jawabannya iya. kalo mateng, jangan harap. udah ilang semua itu cadangan airnya.

5. olahraga

gym mahaaaaaallllll!!!
ya emang. hahahaha. kalo mau ngotot gym, ya cari aja yang murah. ada kok. kalo masi mepet juga uangnya gimana? oke, gampang.
  • lari keliling kompleks. modal: sepatu olahraga dan tahan malu.
  • renang di kolam renang yang murah.
  • bikin alat jumping rope dari karet2 yg biasa dulu suka dibikin waktu kecil buat olahraga. modal:karet biasa.
  • beli dvd2 senam buat senam sendiri di rumah. modal: dvd
  • download aplikasi olahraga di handphone. modal: internet+hp
  • body weight lifting. modal: badan sendiri.
dan lain sebagainya. rata-rata orang indonesia itu punya handphone + internet. ya udah tinggal lari2 ato senam2 buat cardio, latihan beban pake body weight aja kalo ga punya barbel. gerakannya? cari aja di internet.

6. tidur

nah ini dia bagian hidup sehat yang paling menyenangkan. tidur. ada penelitian katanya manusia lebih tahan tidak makan daripada tidak tidur. tidur itu penting banget. kalo ngantuk, ya obatnya tidur bukan minum kopi. tentunya tidurnya juga ga berlebihan yah. kalo berlebihan/kurang, berarti ada yang salah. tidur itu penting banget untuk memberi waktu beberapa organ tubuh kita untuk beristirahat, regenerasi sel, meningkatkan kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi. jadi jangan dibiasakan ngurang2in waktu tidur. kalo anda insomnia/susah tidur/tidur berlebihan, berarti ada yang salah di pola makan atau anda kurang olahraga. sebenernya manusia itu tidak butuh alarm untuk bangun. kalo badan udah berasa cukup, pasti kita bakalan bangun kok.

Jadi, 6 hal inilah yang harus dicukupi untuk membentuk pola hidup sehat. gw ga percaya kalo ada orang yang bilang ga bisa hidup sehat karena alasan a,b,c,d,e.... sebenernya bukan kata "ga bisa" yang tepat buat mereka yang banyak alasan, tapi "ga mau". semoga semua yang gw tulis disini bisa bermanfaat buat anda2 yang masih berpikir kalo hidup sehat itu mahal. kalopun biaya hidup sehat anda sehari2 sekarang ini mahal, yakin deh masi lebih mahal biaya operasi sana sini, biaya pasang ring, cuci darah, terapi ini itu, biaya obat seumur hidup yang harus kita bayar tar di masa tua.

kalo gw si lebih milih hepi2 jalan kesana kemari yah di masa tua daripada harus bolak balik jalan2 ke rumah sakit dengan hidup sehat dr sekarang. kalo mau diitung ulang, hidup sehat itu lebih murah daripada hidup lifestyle lo yang melibatkan semua minuman2 manis, snacks, keripik2, dessert dan makanan berlemak tinggi lainnya yang sering anda makan di kafe dan restoran. sekarang pilihannya ada di tangan masing2 deh mau gimana. ;)

1 comment:

  1. Hidup sehat itu mudah, yang sulit itu gayanya. Karena banyak orang ingin hidup sehat tapi banyak gaya, harus ke gym lah, harus langganan itulah, inilah, makan buah2an mahal lah, sebenarnya mudah hanya dengan jaga pola makan dan olahrga seperti joging saja sudah cukup.

    ReplyDelete