Sunday, February 16, 2014

No More '4 sehat 5 sempurna' - karbo chan


Judul blog kali ini si sebenernya diplesetin dari kartun jaman dulu kobochan, kalo..  ada..  yg..  tau.. *nada ragu2*

krik.. krik..

mm.. kayaknya kita langsung aja de..

Buat semua yang sekolah di jaman Pak Harto ke bawah ato Ibu Mega ke bawah pasti nemplok mati di otaknya kalo pola makan sehat = 4 sehat 5 sempurna. (eh, jaman Pak SBY masi ga sik?coba dong adek2 yang masi SD, kakak dibantu *deeugh..kakak*) Padahal, ilmu itu sebenernya perlu diteliti lebih lanjut. Gw inget banget dulu bu guru ngajarin setiap makan menunya harus lengkap 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari:
makanan pokok (yang dari dulu selalu mengirimkan perwakilannya berupa nasi) + sayur + lauk pauk + buah + susu. Sehingga, setiap orang berusaha memasukkan semua unsur ini setiap hari tanpa tau kapan waktu makannya, gimana cara makannya, seberapa banyak dan apa yg baik untuk dimakan. Nah, sekarang kita bahas satu2 si 4 sehat 5 sempurna ini yah biar bisa jadi pola makan sehat tapi kali ini khusus karbohidrat dulu yeuw ;)

Kar - bo - hi -drat

Karbohidrat adalah unsur yang sangat dibutuhkan tubuh dan ga bisa diilangin sebagai sumber tenaga. Syarat karbohidrat yg baik, menurut Dr. Tan Shot Yen, adalah:
- lambat diubah menjadi gula(indeks glikemik < 55)
- mengandung cukup serat
- kaya anti oksidan
- bersifat alkalis/basa
- kaya akan enzim

Orang Indonesia kebanyakan kalo denger karbo pasti yg pertama kali muncul di otak ya nasi. Putih lagi nasinya. Padahal kalo kita lihat di atas, nasi putih jelas2 ga masuk dlm semua syarat. Bahkan Dr. Hiromi Shinya nyebut nasi putih adalah makanan mati. Jadi apa aja dong karbo baik yang memenuhi syarat? Tak lain dan tak bukan ya karbohidrat yg berasal dari sayur dan buah. Banyaknya sayur yang dimakan jangan disamakan dengan jumlah sayur di budaya nasi kotak indonesia yang hanya mengisi 1 kotak kecil yang ukurannya ga jauh beda dari sambal. Lalapan pun paling hanya 2 irisan timun dan 2 buah 1/4 lembaran kol atau 1 lembar selada. Sehingga dari sini, orang indonesia terbiasa makan sayur hanya sebagai syarat 'yang penting keliatan ada sayurnya' sementara itu porsi nasi putihnya segunung dengan ayam goreng 1/4 ekor. ini ga fair.. *nangis2-gaya-cinta-di-film-aadc* #ketahuandeangkatangw

Sayur, bila difungsikan sebagai karbohidrat, harusnya mengisi setengah piring lo. (Kita bahas lebih lanjut nanti di sesi sayur) karena rata2 indeks glikemiknya rendah dan berserat tinggi, sayur akan bertahan lama di perut sehingga kita akan merasa kenyang dlm waktu yang lama. Ciri makanan dengan indeks glikemik tinggi(mudah diubah jadi gula) yang paling simple adalah cepet bikin laper lagi. That's why wkt lo makan nasi putih dengan tdk cukup sayur atau roti putih atau pizza,dll,  akan ngalamin yg namanya kenyang sesaat. Ga berapa lama.. Y laper lagi. Karena berasa belum kenyang/laper lagi, kebanyakan orang makan nasi putih/roti putih dengan berbagai selai ato isian yang manis dan menyenangkan lidah sebanyak2nya sampe kenyang sehingga lonjakan gula darah terjadi terus menerus dan mengakibatkan kelenjar insulin bekerja keras sampai akhirnya, ketika si insulin kecapekan dan merasa butuh pensiun dini, hasil lab akan menunjukkan bahwa anda terkena diabetes. apaan si insulin?

jadi begini lhoo. di badan itu ada namanya kelenjar pankreas. dy akan menghasilkan hormon insulin yang tugasnya untuk menekan gula darah yang masuk ke tubuh terlalu banyak untuk kemudian disimpen dlm bentuk glikogen di otot dan hati. sayangnya, porsi di otot sama hati itu kecil, jadilah sisanya ditaro di tas pinggang di sekitar perut lo, ato dalam bentuk bakpao di pipi dan area2 lainnya suka2 si badan naronya dimana. that's why ketika kita makan karbohidrat2 ga penting kayak gini jadinya makin gendut walopun dikasi embel2 non fat. insulin yang udh capek kerja nekan gula darah ato disebut resistensi insulin bisa menimbulkan beberapa reaksi hormonal seperti penyempitan pembuluh darah, pengentalan darah, dan penurunan daya tahan tubuh. makanya orang diabetes, biasanya, menderita hipertensi (karena pembuluh darah besar menyempit), bisa juga ke stroke (penyempitan pembuluh darah sudah sampai ke otak), atau jantung koroner (penyempitan pembuluh darah di jantung). gw bukannya nakut2in cuy. ini dokter yang bilang. kalo udah ga kuat baca, lambaikan tangan ke kamera aja. hahaha.

Gimana dengan oatmeal/sereal/roti gandum yang diklaim sebagai makanan sehat?

Oatmeal kalo instan sama aja bo'ong. Makanan instan termasuk ke dlm junk food, apapun bentuknya karena sudah mengalami berbagai macam proses dan dicampur macem2 sehingga udah jauh dr bentuk aslinya. Kalo mw oatmeal ya yg dimasak, yg warna biru(lho kok jd mengacu ke merk tertentu..haha) 
 
Sereal jaman sekarang banyak yg mengklaim dirinya sehat. Padahal kalo dibaca label nutrisinya, gula dan natrium/sodium masih menjadi unsur utama. So, gw ga harus jelasin panjang lagi kan tentang gula? apalagi ttg natrium. ga usahlah ya tar deja vu bacanya.
Kalo tentang roti gandum. Gw adalah penggemar roti. Bahkan gw lebih cinta roti drpd nasi. Tapi gw usaha banget lepas dr kecanduan roti. Gw berusaha makan makanan yg sedekat mungkin dengan aslinya. Roti jelas bukan ciptaan Tuhan. Roti gandum sering jd excuse buat org yg pengen sehat tp tetep makan roti. Ini dimanfaatkan oleh produsen di indonesia dengan membuat roti dengan nyampurin gandum dng perbandingan 1:3 tepung terigu. Lalu dilabeli sehat di kemasannya. Susah banget nemuin roti gandum murni disini. Kalopun ada, pasti mahal. Daripada udah mahal2 masi ga sehat karena indeks glikemiknya tinggi, lebih baik makan sayur kan yg murah dan sehat? ;)

Pasta gandum bisa dijadikan alternatif karbo tapi mie ga. Mau bihun,kwetiauw,mie tepung,mie telor,lontong, ketupat itu semua bukan sumber karbo sehat yaah,teman2. walopun bisa jadi laternatif karbo, again, jangan terlalu sering makan pasta gandum. utamakan makan makanan yang sedekat mungkin dengan bentuk aslinya. bukan yang udah diproses pabrik.


Pilihlah karbohidrat kompleks bukan karbohidrat sederhana(yg cepet diubah jadi gula). jadi, jangan status di facebook aja yg complicated, karbohidrat juga. hahaha. Karbohidrat kompleks apa aja? noh udh disebutin td syarat2nya,cari aja di google yak. Buanyaaak. Haha. Tuhan udah nyiptain sayur dan buah dengan berbagai warna dan bentuk supaya kita gampang inget sm kegunaannya tapi orang lebih seneng yang putih kayak nasi putih,tepung putih,gula putih,dll. Kalo ga bisa ga makan nasi, ganti pake nasi merah ato nasi coklat yg minim proses yaitu yang pecah kulit karena itu ditumbuk secara alami. Tapi jangan banyak2, karena nasi merah jg indeks glikemiknya lumayan. batasi makan karbohidrat dengan ukuran sekepalan tangan. tangan sendiri yaa, jangan tangan dinosaurus.

Kalo ga banyak, ga kenyang dong? Ya sayurnya aja banyakin. 
Tapi kan nasi merah mahal :( ? Ga semahal biaya dokter dan obat yg bakal lo beli di masa tua kok. Yakalee sakitnya diabetes doang. kalo ginjalnya/jantungnya ikutan ngamuk, udah berapa tuh?

Tapi sayur, nasi merah dll itu rasanya ga enak, gw ga doyan nih gimana? Ya terserah aja si. Sehat kan yg ngerasain diri sendiri. Kenapa harus selalu nurutin organ kecil yg cuma beberapa cm di mulut yg bernama lidah kalo abis itu bikin masalah di usus yang bermeter2 dan bikin gangguan di seluruh tubuh?

Bukan berarti kita jd ga boleh kuliner sama sekali, ya bolehlaaaah. Tapi kalo bisa dalam 5 hari be good to your body. 2 hari puas2in de tu makan apa aja. Pinter2 aja si ngolahnya, indonesia kaya rempah2 kok. Jangan pake vetsin ato ditambahin gula garam banyak2 juga si tapinya

Ketika kita masi dlm masa pertumbuhan(anak2), karbo dibutuhkan dlm jumlah besar untuk tenaga dan pertumbuhan. Tapi bagi manusia dewasa yg ga lagi tumbuh, kebutuhan karbonya ga sebanyak anak yg lg tumbuh karena gunanya udah beda. Guna karbo bagi org dewasa selain untuk tenaga adalah mencegah penuaan dini (uban, menopause dini, cepet lelah, keriput), mencegah penyakit degeneratif (radang sendi, tekanan darah, pikun, kaku pembuluh darah,dll) dan mencegah kanker (dari antioksidan dlm makanan). jadi, banyakin aja karbohidrat dalam bentuk sayur dan buah.

Untuk ibu2, sejak anak2 anda masi kecil, kenalin mereka dengan macem2 karbo biar ga melulu pikirannya cuma ada nasi putih. Gw sangat tertarik dengan ide Dr. Tan Shot Yen untuk bikin rotasi, kombinasi dan diversifikasi makanan buat anak2. Misalnya:
Senin jagung
Selasa nasi merah
Rabu ubi
Kamis talas
Jumat singkong
Sabtu kentang 
Minggu baru de kasi apa yg dy mau.

Sekarang kalo gw makan banyak sayur atau cm sarapan buah, komen orang rata2,"sehat banget sih,che" sementara orang itu makan makanan ga sehat. Kalo diomongin gitu, gw sebenernya mikir dlm hati,"nah itu tau kalo ini sehat. Kalo udah tau, why don't you join me? Your body will be really grateful" selain itu, lo bisa save biaya berobat lo di masa tua buat liburan ato kegiatan lain + ga jadi beban juga buat anak cucu :) 

So, Masi mikir ga kenyang, rasa ga enak ato lemes kalo ga makan nasi putih? Saran gw si satu, cobain aja dulu. dan jangan lupa, setiap makan cek IG(Indeks Glikemik bukan Instagram) kita kakak..

Hahahahaaaa... Sampai jumpa di postingan protein. 

6 comments:

  1. lanjutkan mba Ichee! Love to read this dehh!

    ReplyDelete
  2. Senin jagung
    Selasa nasi merah
    Rabu ubi
    Kamis talas
    Jumat singkong
    Sabtu kentang
    Minggu baru de kasi apa yg dy mau.
    ---------------

    gw juga pernah coba ganti karbo seperti jagung, beras merah, singkong, dan kentang. Tiap hari diganti karbonya selama sebulan. Hasilnyaaaa? Voiiilllaaaaa... perut gw rata, cyiiin. Hohohohohoho... *emejingpisan*

    Tapi semua berubah sejak negara api menyerang *maccambettulsaja* Sejak gw tinggal satu kostan bersama adikku yang tidak suka makan kentang, beras merah dan jagung, alhasil menu karbo kembali kepola awal. Nasi Putih!!!

    Sekalinya agw buat singkong, dia suka. tapi tetap gak afdol kalau belum makan nasi putih katanya. OMG! Akibatnya gw harus masak nasi putih dan ikutlah makan seperti adikku. Sekarang, perutku sudah tidak rata lagi! Huhuhuhuhuhuhuhu...

    But thank God, gw udah pisah kostan dengan si adek. Sekarang saatnya memperbaiki menu untuk hidup yang lebih baik. eaaaaaaa.. Nuhun Mbak iche infonya :D


    *Loh, kok gw jadi curhat? Hahahahhahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha. sama2. tenang, ga pernah ada kata terlambat kok buat memperbaiki pola makan. semangat ;)

      Delete
  3. wow, jeng iche inspiratif banget...
    Semakin tertarik dengan bukunya Dr. Tan Shot Yen juga nih...
    *gw kemarin liat tp blon bli* ^-^

    Satu lagi nih,...
    Bagaimana pendapat jeng iche tentang jus buah/sayur ?
    Disamping gula nya yg banyak atau bahkan pemanis yg bikin ga baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. makasii lhoo, bert. bukunya Dr.Tan itu kalo mw beli yg pertama dulu aja yang judulnya saya pilih sehat dan sembuh.kemaren2 belinya di gramed semanggi.

      kalo jus buah itu mending ga pake gula sama sekali. jadi biasa kalo ke tukang jus, minta pake air biasa aja. sebaiknya diminum pagi aja kalo sarapan buah.
      jus sayur itu lebih langu biasanya. kalo mau kasi madu bole tapi madu murni. itu juga paling 1 sdm. diminum bole sebagai camilan ato pendamping makan siang/malam tapi bukan pengganti makan. begitu kira2.

      Delete