Sunday, March 16, 2014

No More '4 sehat 5 sempurna' - Cara Makan Buah

hai,,

udah 2 minggu gw ga bikin MOLEN. bukannya alih profesi jadi penjual molen si cuma yg gw maksud molen adalah MONday LEarNing. hehe. maklumlah akika lagi ada sedikit jadwal bersosialisasi. sedaaapp. kita lanjutin lagi yaaaah pelajarannyaaah..!! sekarang kita bakal ngomongin tentang buah. tadinya mau digabungin antara buah sama sayur tapi kok ngomongin buah aja udah panjang. hehehe. buah itu dipandang sebagai makanan sehat dan minim kalori oleh para pecinta diet sok kurus tapiiii.. buah bisa ga guna sama sekali di badan kalo cara makannya salah. mengapa begitu? mari kita bahas lebih lanzoott.

buah dan sayur adalah makanan yg banyak mengandung nutrisi, air, dan enzim yg berguna buat tubuh kita jika masih dalam keadaan hidup. maksudnya
bukan kitanya yang idup, jangan dibayangin juga makan buah sama sayur sepohon2nya. repot aja tar kalo mw makan pine nuts. seminggu juga ga abis2 kyknya makan pohon pinus. hahahaha. maksudnya "hidup" itu adalah makan buah dan sayur dlm keadaan mentah. sesuai dengan blog gw sebelumnya, cuma buah dan sayur yg aman dimakan mentah. jadi, jangan coba2 makan beras mentah! kecuali punya tembolok. ekekek.

buah yang diproses bisa dikatakan sudah tidak ada gunanya. di badan si bakal ngotor2in doang. paling cm serat tapi ga ada gizi. jadi jangan pernah merasa makan buah kalo yg dimakan itu berupa pisang goreng, blueberry cheese cake, es buah, selai nanas, pie apel, nagasari, apalagi berupa ice cream dengan essence strawberry. aduh kok jadi laper.. -___-
sampah dlm bentuk buah
okeh lanjut. budaya makan buah yang dianut oleh orang indonesia , yang tidak diketahui sejak kapannya, adalah makan buah setelah makan nasi. padahal makan buah yang benar adalah saat perut kita kosong. kenapa? karena buah punya enzim sendiri yang akan dipake usus untuk mencerna si buah tersebut. jadi kalo abis makan nasi,dll langsung makan buah, si buah akan susah masuk ke usus karena usus penuh dengan nasi,dll itu. buah cuma tinggal di lambung sekitar 15-20 menit sedangkan nasi bisa 2-3 jam, baru setelah itu bergerak ke usus. akibatnya, buah tidak tercerna sempurna atau bisa jadi busuk doang di dalem. pembusukan buah ini yang akan memancing berbagai macam sakit penyakit seperti sembelit, asam lambung, dll. contohnya:
naaaaaaaa.....
kenapa orang bilang durian bisa bikin kolesterol? padahal sebenernya TIDAK ADA sayuran dan buah2an yang mengandung kolesterol? durian bisa memacu kolesterol karena sebelumnya lo udah makan macem2. apalagi kalo yang dimakan itu nasi padang lengkap dengan rendang + gule kambing trus langsung dessertnya duren. bedeeeuhh.. emang si di lidah yg cuma beberapa centimeter rasanya mantep bener, tapi di usus yang kurang lebih mencapai 10 meter bisa jadi masalah karena si duren ga tercerna sempurna. Inilah kenapa sumber penyakit manusia rata2 berasal dari kondisi usus yang buruk karena pola makan yang ga bener.

so, gimana caranya makan buah yang bener?
  1. Dimakan sendirian atau dicampur dengan sesama buah.
  2. Dimakan dalam keadaan perut kosong atau dimakan 15-20 menit sebelum makanan  lain.
  3. Buah yang dimakan dalam keadaan matang dan masih dalam bentuk aslinya bukan prosesan.
sumpe lo? makan buah waktu perut kosong? ga sakit perut tuh? trus kalo ada maag gimana?
gw juga ada sakit maag tapi udah setaun ga pernah kambuh padahal sarapannya buah mlulu. makanya kalo baca itu yang teliti yah, sodara2. di poin 3 kan udah gw tulis, buah dalam keadaan MATANG. kalo maag nya kambuh, ya keleeuuss buah masi acem dimakan. kalo pagi2 makan buah trus mules, ya bagus dong. kan emang itu salah satu fungsi buah buat melancarkan pencernaan. gitu aja dipikir susah. ekekekek.

trus kenapa makan buah ga boleh dicampur apa2?
karena fruktosa (gula buah) bersifat merusak zat lain yg dicerna bersamaan dengan si buah tersebut. jadi kalo dicampur ke bahan makanan lain, dijamin nutrisi dari makanan lain itu akan dirusak dengan sukses oleh si fruktosa. berarti dengan ini, saya nyatakan bahwasanya makan buah pake yoghurt/dicampur susu/sereal adalah kombinasi yang buruk dan bisa dikategorikan sebagai junk food. kalo pengen banget si seminggu sekali gpplah makan buah dicampur macem2 kyk pisang goreng,dll tadi. tapi kalo konsumsi harian kayak pisang campur oatmeal atau berry2an campur oatmeal, ditambah susu pula dan masih nganggep itu makanan sehat.. mm.. maap2 yak, ketawa aja deh gue. hahahahaha.

kalo dijus campur sayur gimana?
yang pertama, serat sayur dan buah itu sebenernya beda perlakuannya di perut. serat buah lebih sederhana dan tidak memberatkan sistem cerna. kedua, masalah fruktosa tadi. jadi kalo gue si, lebih milih ga dicampur yah. kecuali wortel dan apel. cuma itu yang bisa dikombinasi.

buat orang2 yang suka diet asal kurus, mereka suka mengganti makan siang ato malem pake buah. boleh ga si?
boleh si boleh. tapi ya semakin cepat juga menghadap Sang Kuasa. hahaha.. becandanya serem amat. jadi begini yaaa, wahai para pediet ngaco, fase makan yang boleh digantikan dengan buah adalah HANYA sarapan dan cemilan. makan siang adalah saat tubuh lagi hot2nya mencerna dan buah itu sifatnya ringan cerna. selain itu nutrisi buah sangat tidak lengkap kalo dipake buat memenuhi kebutuhan nutrisi harian. kalori rendah yang terkandung pada buah juga bisa jadi sumber masalah karena badan lagi butuh energi besar buat mencerna.

kalo siang ga boleh, malem deh yaaa.. kan tinggal tidur doang?
emang dikira kalo kita tidur, organ dalem tidur semua? otak sama jantung kan tetep kerja. hanya sistem cerna yang fungsinya menurun di malam hari karena kita memang secara ga sadar puasa kurang lebih 12 jam. Di malam hari, justru kita butuh energi besar. bukan buat ronda malem tapi buat proses penyerapan dan pengedaran hasil cerna ke bagian2 tubuh yang membutuhkan. selain itu hormon pertumbuhan sangat aktif di waktu malam. pada anak2, hormon ini membantu proses pertumbuhan. sedangkan pada orang dewasa, hormon ini berfungsi untuk memperbaiki tubuh/regenerasi sel, merangsang pertumbuhan otot baru, memperbaiki tulang, dan mencegah penuaan dini. Seperti yang udah gw tulis, buah cuma 15 menit tinggal di lambung, nutrisinya ga lengkap, dan rendah kalori sehingga buah sifatnya cuma nyediain energi instan dlm waktu cepet.

bagus dong butuh energi gede tapi kita makannya rendah kalori?
cara badan bekerja itu ga sesimple kalori in maksimal sama dengan kalori out. kalo diet lo "cuma" berpatokan sama kalori berarti ilmu diet lo masi sangat minim. kalo kebutuhan energi kurang, badan itu bakal langsung ngambil glikogen yg disebut juga gula otot sebagai energi. berarti yang pertama susut adalah otot bukan lemak. jaringan kulit terdiri dari otot dan lemak. kalo otot lu ilang, yang ngisi ya lemak. lemak itu memang lebih ringan dari otot tapi bentuknya tidak beraturan. sehingga yang ada bentukan lo mungkin bisa kurus tapi gelambir dan ga sehat. itu soal kalori. kalo soal nutrisi, kita ambil contoh kalsium. apa yang terjadi kalo badan butuh kalsium tapi apa yg kita makan ga bisa memenuhi apa yang dia butuhkan? bagian mana dari tubuh kita yang mengandung kalsium? tulang dan gigi. dari situlah kebutuhan kalsium lo diambil, sehingga makin lama kalo ini dibiarkan, resiko osteoporosis udah manggil2 di depan pintu. ini sama aja kejadiannya sama kalo kita abis olahraga ga makan, badan akan mengkanibal dirinya sendiri. dy bakal make sel2 sehat untuk mengganti sel2 yang kita rusak akibat olahraga. jadi kalo masi sayang badan, jangan cuma makan buah kalo siang dan malem. lagian kenapa si penting banget jadi kurus kalo kurusnya gelambir, ga sehat, cepet capek, dan keliatan lebih tua drpd umur yg sebenernya?

dulu jaman gw belom tau, makan malem cuma buah. hasilnya bangun tidur kadang rasanya  masi ngantuk.. oh kalo itu si sampe sekarang. hahaha. emang dasar kebo aja. haha.. bukan yang bener, bangun tidur rasanya lemes, ga berenergi. udah gt rambut rontok banyak banget, dan otot gw berkurang banyak. kurus si tapi ya ga kenceng, penyakitan + mens ga lancar. yah begitulah testimoni dari pihak yang sudah mengalami. don't try this at home lah ya. hehe.

jadi buah2 apa aja yang bisa dipake buat sarapan?
buah yang berair, matang kalo bisa matang pohon dan berserat. buah beralkohol seperti nangka, durian, cempedak jangan dipake buat sarapan.
selain itu, ada juga kategori buah yang secara kandungan fruktosa hampir 0 sehingga lebih tepat dikategorikan sebagai sayur, yaitu: bengkoang, kelapa, alpukat, timun suri, terong belanda, tomat, wortel dan sisanya silahkan digugling. hahaha. jadi makannya jangan dicampur buah.
Udah dulu ah tar kepanjangan. sayurnya minggu depan yaak ;)

2 comments:

  1. Buah beralkohol seperti nangka, durian, cempedak g sah dimakan sekalian aj jeng :D

    ReplyDelete